Pages

Selasa, 17 April 2012

Stres Berat Bisa Berakibat Gangguan Mental

                Di Indonesia, kini banyak kasus bunuh diri yang terjadi. Kebanyakan dari kasus tersebut di latar belakangi karena gangguan mental dari yang bersangkutan. Bunuh diri adalah dampak yang paling bahaya dari seseorang yang mengalami gangguan mental, jika tidak dengan segera di tangani dan di beri perlindungan.
                Kali ini kita akan membahas beberapa penyebab gangguan mental. Yang sering di temukan sebagai penyebab seseorang mengalami gangguan mental adalah depresi. Depresi adalah suatu konidisi emosional yang berkepanjangan, yang mempengaruhi seluruh proses mental seseorang. Proses mental yang di maksud di anataranya seperti kegiatan berpikir, berperasaan, dan bertingkah laku.
                Orang yang mengalami depresi biasanya berawal dengan stres yang tidak di tangani dengan baik. Stres itu sendiri di tandai dengan kondisi orang tersebut yang terlihat seperti menyimpan sedih yang mendalam, kehilangan semangat dalam berkatifitas dan dalam menjalani hidup, mudah lesu dalam melakukan suatu pekerjaan, sering mengalami gangguan kesehatan, dan mudah putus asa.
                Menurut beberapa teori yang di ungkapkan para ahli yang meneliti penyebab depresi, depresi ini tidak hanya karena pengaruh yang datang dari tubuh orang tersebut, tapi juga terdapat gen yang di turunkan dari orang tua mereka. Gen ini seperti gen yang tidak bisa mengontrol emosi dalam menghadapi masalah. Selain tidak bisa mengontrol emosi, orang ini juga susah menangani emosinya, sehingga terlalu berlarut-larut hingga akhirnya depresi. Penyebab kedua menurut teori yang pernah di uatarakan beberapa ahli adalah selalu berpikiran negatif terhadap dirinya sendiri. Orang tersebut selalu menyalahkan dirinya, dan menganggap orang lain memandang rendah dirinya.
                Untuk menangani mencegah seseorang mengalami gangguan mental, ada baiknya jika kita berkonsultasi ke psikiater jika susah untuk menemukan solusi dari masalah yang kita hadapi. Lalu cara yang paling efektif dan banyak yang melakukannya adalah mendekatkan diri pada Allah. Memperdalam ilmu agama memmbuat kita mengerti apa yang dapat kita lakukan untuk penyejuk hati dikala sedang runyam. Selain itu, dalam kehidupan sehari-hari, supaya bersosialisai dengan baik agar bisa menimbulkan rasa nyaman dan hidup kita akan jauh dari stres. Banyak juga orang yang lebih memilih meluangkan waktu untuk refreshing agar sejenak melupakan beban yang mereka hadapi, menghilangkan stres, dan memperoleh kesenangan tersendiri. Dan yang paling penting adalah berbagilah dengan orang terdekat, sebagai media untuk mengurangi beban masalah yang kita punya.

0 komentar:

Posting Komentar