Pages

Selasa, 29 November 2011

Pengertian dan Keluarga DOS


Pengertian DOS
Disk Operating System atau yang biasa di kenal dengan nama DOS adalah keluarga sistem operasi yang digunakan di komputer pribadi dengan basis tampilan karakter text ( Character User Interface / CUI ).  Sekarang, istilah DOS menjadi istilah generik bagi setiap sistem operasi yang dimuat dari perangkat penyimpanan berupa disk saat sistem komputer dinyalakan. DOS merupakan keluaran pertama dari Microsoft. DOS menggunakan interface command-line yang digunakan para pengguna komputer pada sekitar tahun 1980-an. DOS di gunakan untuk fasilitas booting komputer dan menjalankan beberapa aplikasi software, misalnya WS dan Lotus.

DOS memiliki keluarga yang di bagi menjadi beberapa kelas, yaitu :

a. MS-DOS (Microsoft Disk Operating System)
MS-DOS adalah sebuah pengembangan DOS yang awalnya di buat oleh Seattle Computer Products (SCP). Lalu setelah banyak perubahan nama dan perkembangan yang di lakuan, akhirnya Microsoft membeli lisensinya dan mengubah namanya menjadi MS-DOS. MS-DOS di buat dengan menggunakan processor Intel 8086. Sama halnya dengan DOS, MS-DOS juga mengalami perkembangan dari bersi 1-7.

b. IBM PC-DOS (International Business Machine Personal Computer Disk Operating
IBM PC-DOS adalah sistem DOS untuk Komputer personal IBM dan yang kompatibel. SO ini di produksi dan di jual oleh IBM pada tahun 1980-2000an.

c. DR-DOS (Digital Research Disk Operating System)
DR-DOS adalah tipe DOS untuk IBM PC yang kompatibel komputer pribadi, yang pada awalnya dikembangkan oleh Digital Research Gary Kildall dan berasal dari DOS PC.

d. Novell Personal Netware
Novell Personal Netware merupakan versi DR-DOS yang dijual kepada Novell karena Perusahaan yang menaungi CP/M mengalami kebangkrutan (Novell mengakuisisi Digital Research Incorporated).

e. Caldera DOS
Caldera DOS merupakan versi Novell Personal Netware yang dijual kepada Caldera Corporation.


f. FreeDOS
 merupakan versi DOS yang dibangun dari sisa-sisa pengembangan Caldera DOS, yang dikembangkan oleh komunitas open source. Sistem operasi ini merupakan sistem operasi yang menggunakan antarmuka dengan penggunaberbasis teks (text-mode user interface), dengan tanda kesiapan menerima perintah dari pengguna yang disebut dengan prompt. Prompt default yang digunakan dalam DOS adalah nama path ditambah dengan tanda lebih besar (>), seperti C:\>, C:\DOS\ dan lain-lain. Pengguna juga dapat menggunakan symbol prompt lainnya dengan menggunakan perintah PROMPT. Sistem operasi ini juga bersifat single-tasking (hanya dapat menjalankan satu program pada satu waktu saja), menjalankan prosesor pada modus real (real mode), dan hanya dapat mendukung satu pengguna dalam satu waktu (single user).

0 komentar:

Posting Komentar