Pages

Jumat, 05 Juni 2015

Menganalisis Web Dengan Page Rank



Menganalisis web bisa dengan mengukur traffic pada web tersebut. Ada beberapa tools yang dapat digunakan jika ingin menganalisa web, 3 diantaranya adalah page rank, alexa dan seomoz. Tools ini merupakan web bantuan untuk mengukur traffic dari sebuah web yang akan dianalisa.
Yang akan dibahas kali ini adalah Page Rank. Seperti yang dikutip Wikipedia Page Rank adalah sebuah algoritma yang dihitung dengan skala 1 – 10 yang berfungsi menentukan situs web mana yang lebih penting / populer. Sebuah situs  akan semakin populer jika semakin banyak situs lain yang meletakkan link yang mengarah ke situsnya, dengan asumsi isi / content situs tersebut lebih berguna dari isi / content situs lain.
Dengan pendekatan yang digunakan PageRank, proses terjadi secara rekursif dimana sebuah rangking akan ditentukan oleh rangking dari halaman web yang rangkingnya ditentukan oleh rangking halaman web lain yang memiliki link ke halaman tersebut. Proses ini berarti suatu proses yang berulang (rekursif). Di dunia maya, ada jutaan bahkan milyaran halaman web. Oleh karena itu sebuah rangking halaman web ditentukan dari struktur link dari keseluruhan halaman web yang ada di dunia maya. Sebuah proses yang sangat besar dan komplek.

Rumus untuk menghitung Page rank itu sendiri adalah:

PR = 0.15 + 0.85 (PR(T1)/C(T1) + PR(T2)/C(T2) + ... + PR(Tn)/C(Tn))

Keterangan:
PR(T1)            = nilai pagerank halaman T1
C(T1)               = jumlah link yang keluar dari halaman T1 berlaku seterusnya dari T2 sampai Tn


Rumus inilah yang akan diiterasi berulang-ulang sampai batas yang ditentukan. Kondisi akhir dari iterasi inilah yang akan menjadi poin untuk web atau blog.

Dan berikut adalah cara menggunakan page rank :
1.      Kunjungi www.prchecker.info
2.      Isikan nama dimain di kotak yang sudah disediakan, lalu klik Check PR.
3.      Lalu akan tampi menu Anti-Bot Code, isi tampilan kodenya.
4.      Klik verify dan kita akan mendapatkan hasil pagerank web tersebut.



Selain mengunjui situs prchecker, kita juga bisa menambahkan widger pada blog atau web kita. Caranya cukup mengcopy dan paste script dibawah ini pada textarea prchecker.info.



source :

0 komentar:

Posting Komentar