Search Engine Optimization (SEO) merupakan
suatu cara atau teknik untuk mengoptimasi atau membuat situs atau blog yang
kita miliki berada pada halaman/posisi pertama pada mesin pencarian (search
engine) seperti Google, Bing, dan Yahoo. Pengertian dari SEO juga sangat luas
tetapi semuanya mencakup hal yang sama yaitu mengoptimisasi suatu halaman
website/blog agar berada pada halaman/posisi satu di search engine dengan kata
kunci yang ditarget. Bagi seseorang yang sudah memiliki website, SEO merupakan
salah satu teknik yang harus diapahami dan dikuasai. Untuk meningkatkan SEO
pada website, para pemilik website dapat melakukannya dengan
cara follow up.
Sekilas Sejarah SEO
Menurut Danny
Sullivan, istilah search engine optimization pertama kali digunakan
pada 26 Juli tahun 1997 oleh sebuah pesan spam yang diposting di Usenet. Pada
masa itu algoritma mesin pencari belum terlalu kompleks sehingga mudah
dimanipulasi.
Versi awal algoritma pencarian
didasarkan sepenuhnya pada informasi yang disediakan oleh webmaster melalui
meta tag pada kode html situs web mereka. Meta tag menyediakan informasi
tentang konten yang terkandung pada suatu halaman web dengan serangkaian kata
kunci (keyword).
Sebagian webmaster melakukan
manipulasi dengan cara menuliskan kata kunci yang tidak sesuai dengan konten
situs yang sesungguhnya, sehingga mesin pencari salah menempatkan dan
memeringkat situs tersebut. Hal ini menyebabkan hasil pencarian menjadi tidak
akurat dan menimbulkan kerugian baik bagi mesin pencari maupun bagi pengguna
internet yang mengharapkan informasi yang relevan dan berkualitas.
Banyak keuntungan yang didapatkan
oleh pemilik web dari melakukan SEO, diantaranya :
1. Mendatangkan Traffic yang
Banyak
2. Meningkatkan
Penjualan
Bagi situs
yang bergerak di bidang online shop, peningkatan SEO merupakan hal
yang sangat mempengaruhi peningkatan angka penjualan. Semakin banyak orang yang
mengetikkan keyword pada search engine sesuai dengan barang
yang dijual pada web tersebut kemudian website tersebut rangking 1,
maka sudah dipastikan website tersebut mendapat peningkatan
hasil penjualan sebesar 95% dari teknik SEO tersebut. Rangking disini
adalah rangking website yang merupakan posisi penampilan website pada
halaman search engine.
3. Meningkatkan
daya saing
Semakin
tinggi posisi suatu web pada halaman search engine maka seamkin
tinggi juga daya saingnya.
4. Meningkatkan Brand
Awareness Bisnis Anda
Brand
awareness merupakan kemampuan calon pembeli atau konsumen untuk menganli
sebuah merk. Semakin terkenal sebuah merk akan kemungkinan intensitas penjualan
juga semakin besar. Ketikan pengguna internet mencari informasi melalu Google
dan menemukan informasi bermanfaat di website anda, maka kemungkinan
besar mereka akan mengingat halaman website anda.
Dan masih banyak keuntungan lain
yang bisa anda dapatkan dari teknik SEO ini. Lalu apa saja yang dilakukan dalam
kegiatan SEO ini? Didalam strategi SEO, ada 2 hal penting yang harus dikerjakan
yaitu SEO On Page dan SEO Off Page. Untuk lebih jelasnya, lihat penjelasan di
bawah ini:
1.
SEO On Page
SEO On Page merupakan sebuah upaya
optimsi website yang dilakukan dari sisi website itu
sendiri. Dengan kata lain, upaya optimasi yang dilakukan oleh seorang
pemilik website dengan cara mendesign website yang SEO
Friendly. Beberapa elemen penting yang terdapat dalam SEO On Page antara lain:
-
Riset keywords untuk menemukan kata kunci
utama dan kata kunci pendukung yang paling relevan dengan niche website yang
akan dibuat.
-
Membangun website dengan struktur yang baik,
tampilannya menarik, dan load-nya cepat
-
Menggunakan Title Tag yang baik untuk homepage dan
judul konten
-
Menambahkan description yang relevan dengan website
-
Membangun konten yang bermanfaat bagi audiens
-
Mengatur URL (permalinks) yang SEO Friendly
-
Menggunakan Heading dengan baik (H1, H2, H3, H4)
-
Mengatur navigasi website sebaik mungkin
-
Membangun internal links
-
Menambahkan keywords pada penamaan gambar/ image
2.
SEO Off Page
SEO Off Page adalah upaya optimasi
website yang dilakukan dari luar website yang dibangun. Sebuah halaman website
yang SEO On Page nya sudah bagus perlu didukung dengan optimasi dari luar
website itu sendiri. Optimasi off page dilakukan dengan cara membangun links
(backlinks) dari situs lain menuju website yang dioptimasi. Beberapa jenis
links yang biasa dibangun untuk meningkatkan popularitas sebuah website di
internet antara lain:
-
Links dari media sosial (Twitter, Facebook, Google+,
Youtube, dan lain-lain)
-
Links dari web 2.0 properties (Blogspot, WordPress,
Weebly, dan lain-lain)
-
Links dari forum online (Kaskus, Bersosial, Forum
Detik, Forum Kompas, dan lain-lain)
-
Links dari situs social bookmark (Lintas.me,
Diigo.com, Folkd.com, dan lain-lain)
-
Links dari kegiatan blogwalking (berkomentar di blog
orang lain)
-
Links dari website yang menerima guest blogger
Pada SEO Off Page diatas terdapat
satu istilah yaitu backlink, apa itu backlink? Backlink merupakan link dari
halaman situs kta yang berada pada halaman situs orang lain yang mempunyai Page
Ranking yang tinggi. Search Engine seperti Google sangat menyukai Backlink yang
berkualitas yang artinya Backlink dari situs authority atau situs yang
dipercayai Google dan mempunyai PR yang tinggi
seperti Wikipedia, Twitter, WordPress, dan lain-lain. Oleh
karenanya suatu situs akan di angkat posisinya oleh google jika mempunyai
backlink dari situs authority tersebut, dan bahkan bisa menjadikan situs kita
ranking tinggi dengan kata kunci yang di target jika mendapatkan backlink dari
situs yang memiliki Page Ranking tinggi.
0 komentar:
Posting Komentar