Pages

Minggu, 02 Desember 2012

The Languange of New Media

Masih berhubungan dengan New Media, Lev Manovich seorang professor Computer Science di City University of New York, menerbitkan buku dengan judul The Language of New Media. Pokok bahasan utama pada buku ini adalah 5 prinsip dasar dari New Media, yaitu :
1.      NUMERICAL REPRESENTATION
Pengaplikasian matematika dalam media. New Media adalah media yang dibuat dengan kode digital, yaitu memakai representasi matematis. Hal ini membuat New Media dapat dideskripsikan secara formal / matematis. Obyek new media adalah subyek dari manipulasi alogaritma artinya new media selalu dikonvergensikan dengan ilmu matematis.
2.       MODULARITY
Menjelaskan media yang didalamnya terdiri dari gabungan berbagai elemen. Itu artinya terdapat konvergensi media di dalamnya, dimana beberapa media dijadikan satu. Jadi modularity adalah obyek new media terdiri dari bagian-bagian independen, yang masing-masing kembali terdiri dari bagian-bagian independen yang lebih kecil (berlapis-lapis) dan seterusnya hingga ke “atom” terkecil – pixel, poin 3-D, atau karakter teks.
3.       AUTOMATION
Dalam Automation ini, sifat otomatis new media terbagi menjadi 2, yaitu Low-Level Automation dan High-Level Automation.
Low-Level Automation bekerja dengan mengubah atau menciptakan perubahan dari sketsa suatu obyek dengan memakai template atau alogaritma sederhana, contohnya program edit gambar seperti Photoshop dapat dengan otomatis memperbaiki gambar hasil scan, membersihkan gambar dan meningkatkan kontras gambar.
High-Level Automation mengharuskan komputer untuk memahami beberapa tingkatan (komputer memahami semantik / bahasa). Contoh media yang telah memakai High-Level Automation adalah Smart Camera.
4.      VARIABILITY (Satu new media, tercipta dan dapat diaplikasikan dalam berbagai versi)
Ini merupaan dampak lain dari Numerical dan Modularity.Oleh sebab itu, Varability tidak mungkin terdapat jika tidak disertai dengan modularity (konvergensi media / penggabungan beberapa elemen media). Contoh variability dalam new media, yaitu adanya software Photoshop yang tercipta dalam berbagai bentuk, Adobe (CS, CS3, dll), Idesign, atau microsoft office tools.
5.      TRANSCODING (Menerjemahkan suatu elemen media ke format lainnya)
Transcoding merupakan prinsip new media terakhir yang membuat media dipandang sebagai sesuatu yang dapat berpikir karena adanya perkembangan logika media sehingga media memiliki pembauran makna dengan manusia (New media adalah media yang “cerdas seperti manusia” karena terus berkembang seturut perkembangan jaman).

 sumber :
http://luckymaharani.blogspot.com/2012/10/new-media_1.html

0 komentar:

Posting Komentar