Pages

Sabtu, 01 Desember 2012

New Media : A Critical Introduction



          Banyak istilah baru tentang teknologi yang masih banyak belum di ketahui secara lengkap oleh masyarakat. Salah satu istilah yang menarik adalah New media. Dari namanya saja bisa membuat kita menyimpulkan bahwa istilah tersebut pasti bersangkutan dengan teknologi sebagai sebuah media atau pengantar informasi. New media ini mencakup kemunculan digital, komputer, atau jaringan teknologi informasi dan komunikasi di akhir abad ke-20. Sebagian besar teknologi yang digambarkan sebagai “media baru” adalah digital, seringkali memiliki karakteristik dapat dimanipulasi, bersifat jaringan, padat, mampat, interaktif dan tidak memihak. Beberapa contoh dapat Internet,website, komputer multimedia,permainan komputer, CD-ROMS, dan DVD.
Dalam pencitraannya di khayalak ramai, new media harus mempunyai tahap pengenalan khusus yang di sebut Critical Intorduction. Critical Introduction pada new media adalah pengenalan yang komprehensif untuk sejarah, budaya, teknologi dan teori-teori media baru. Martin Lister menerbitkan sebuah buku tentang New Media : A Critical Introduction. Tujuan awal pembuatan buku ini di tujukan pada anak-anak ataupun siswa-siswi agar mereka mengerti dengan media-media teknologi yang selalu melakukan pembaruan.
Berhubungan dengan new media, twitter merupakan media sosial baru yang lagu maraknya di kalangan anak-anak hingga orang tua. Dari kalangan siswa SD sampai perusahaan-perusahaan besar. Twitter juga menjadi tempat berjualan secara online. Bahkan banyak akun yang memberikan tips-tips untuk para followersnya. Akan tetapi ini tetap tidak membuat twitter kehilangan fungsi utamanya sebagai social media. Meskipun twitter tidak memiliki fitur selengkap Facebook, seperti album foto, grup, kalender dan lain-lain, akan tetapi twitter lebih di perhatikan saat ini. Hal ini berhubungan dengan gaya hidup masyarakat Indonesia. Tak jarang trending topic dengan lingkup wilayah world wide, di buat oleh negara kita. Di mulai dengan peringatan hari-hari besar, tokoh-tokoh yang sering di bicarakan, dan banyak hal-hal lain yang terkadang tidak masuk akal.
Jika di pandang sisi positifnya, trending topic twitter yang di buat oleh masyarakat Indonesia, membuat banyak orang luar yang tau tentang perkembangan negara kita. Ada baiknya jika hal ini tidak hanya di lakukan di media sosial, akan tetapi di kehidupan nyata. Di mulai dari hal yang kecil Indonesia akan di kenal oleh masyarakat luar.


Sumber :
http://books.google.co.id/books/about/New_Media.html?id=gMx-AMRg3A0C&redir_esc=y

0 komentar:

Posting Komentar