BISNIS
INFORMATIKA
“Aktivitas yang dilakukan oleh seseorang atau perusahaan yang
memanfaatkan teknologi informasi untuk mendapatkan keuntungan.”
Di Indonesia Bisnis
Informatika terbilang berkembang pesat. Meskipun menurut EIU (Economist
Intellingent Unit) mengumumkan Indonesia mengalami penurunan peringkat dalam
indeks daya saing industri teknologi informasi (TI). Di tahun 2009, Indonesia
memiliki peringkat ke 59 dalam rangking EIU. Era globalisasi bidang ekonomi dan
meningkatnya angka fasilitas jaringan internet membuat perubahan yang radikal
dan tentunya perusahaan – perusahaan yang terkait harus memiliki kemampuan
adaptasi yang tinggi untuk mengambil posisi dalam persaingan nasional maupun
internasional.
Pada artikel ini saya
akan menganalisis sebuah perusahaan bisnis informatika, PT Telekomunikasi
Indonesia, Tbk atau yang biasa dikenal dengan TELKOM yang merupakan perusahaan
besar yang memberikan berbagai pelayanan dalam bidang informatika.
PROFIL
PERUSAHAAN
Telkom merupakan BUMN
yang bergerak di bidang jasa layanan telekomunikasi dan jaringan di wilayah
Indonesia dan karenanya tunduk pada hukum dan peraturan yang berlaku di
Indonesia. Dengan statusnya sebagai Perusahaan milik negara yang sahamnya
diperdagangkan di bursa saham, pemegang saham mayoritas Perusahaan adalah
Pemerintah Republik Indonesia sedangkan sisanya dikuasai oleh publik. Saham
Perusahaan diperdagangkan di BEI, NYSE, LSE dan Public Offering Without Listing
(“POWL”) di Jepang.
Berdasarkan Anggaran
Dasar Perusahaan, ruang lingkup bisnis kegiatan PT Telekomunikasi Indonesia,
Tbk adalah menyelenggarakan jaringan dan layanan telekomunikasi, informatika
serta optimalisasi sumber daya Perusahaan. Untuk mencapai tujuan tersebut di
atas, Telkom menjalankan kegiatan usaha yang meliputi:
1. Usaha
Utama
a. Merencanakan, membangun, menyediakan,
mengembangkan, mengoperasikan, memasarkan atau menjual/menyewakan dan
memelihara jaringan telekomunikasi dan informatika dalam arti yang
seluas-luasnya dengan memperhatikan ketentuan peraturan perundang-undangan.
b. Merencanakan, mengembangkan,
menyediakan, memasarkan atau menjual dan meningkatkan layanan jasa
telekomunikasi dan informatika dalam arti yang seluas-luasnya dengan
memperhatikan ketentuan peraturan perundang-undangan.
2. Usaha
Penunjang
a. Menyediakan
layanan transaksi pembayaran dan pengiriman uang melalui jaringan
telekomunikasi dan informatika.
b. Menjalankan
kegiatan dan usaha lain dalam rangka optimalisasi sumber daya yang dimiliki
Perusahaan, antara lain pemanfaatan aset tetap dan aset bergerak, fasilitas
sistem informasi, fasilitas pendidikan dan pelatihan dan fasilitas pemeliharaan
dan perbaikan.
Visi
“To become a leading Telecommunication,
Information, Media, Edutainment and
Services (“TIMES”) player in the region”
Misi
·
Menyediakan layanan “more for less”
TIMES.
·
Menjadi model pengelolaan korporasi
terbaik di Indonesia.
Corporate Culture : The Telkom Way
Basic Belief : Always The
Best
Core Values : Solid,
Speed, Smart
Key Behaviours : Imagine, Focus, Action
Inisiatif Strategis
·
Pusat keunggulan.
·
Fokus pada portofolio dengan pertumbuhan
atau value yang tinggi.
·
Percepatan ekspansi internasional.
·
Transformasi biaya.
·
Pengembangan IDN (id-Access, id-Ring,
id-Con).
·
Indonesia Digital Solution (“IDS”) –
layanan konvergen pada solusi ekosistem digital.
·
Indonesia Digital Platfrom (“IDP”) –
platform enabler untuk pengembangan ekosistem.
·
Eksekusi sistem pengelolaan anak
perushaan terbaik.
·
Mengelola portofolio melalui BoE dan
CRO.
·
Meningkatkan sinergi di dalam Telkom
Group.
Kantor Pusat : Graha Merah Putih Telkom
Jl. Japati No. 1, Bandung 40133
Website :
www.telkom.co.id
No. Telp :
(62-22) 452 7101
(62-22) 424 0313
CANGKUPAN
WILAYAH PERUSAHAAN
PT
Telekomunikasi, Tbk memiliki banyak anak perusahaan yang tersebar di seluruh
Indonesia, Asia dan Australia. Kumpulan anak perusahaan ini, disebut Telkom Group. Berikut daftar anak
perusahaan yang tergabung dalam Telkom Group :
1.
PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel)
1.1 Telkomsel
Finance B.V (TFBV)
1.2 Telekomunikasi
Selular Finance Limited (TSFL)
2.
PT Multimedia Nusantara
2.1 Mojopia
2.2 PT
Sigma Cipta Caraka (TelkomSigma)
2.3 PT
Administrasi Medika (AdMedika)
2.4 PT
Finnet Indonesia (Finnet)
2.5 PT
Melon Indonesia (Melon)
3.
PT Telekomunikasi Indonesia
International (TII/Telin)
3.1 PT
Telekomunikasi Indonesia International (Hong Kong) Ltd. (Telin Hong Kong)
3.2 PT
Telekomunikasi Indonesia International Pte., Ltd. (Telin Singapore)
3.3 Telekomunikasi
Indonesia Internasional, S.A. (Telin Timor Leste)
3.4 Telekomunikasi
Indonesia International Australia Pty., Ltd. (Telkom Australia)
3.5 Scicom
(MSC) Bhd. (Scicom)
4.
PT PINS Indonesia (PINS/Pramindo)
5.
PT Infomedia Nusantara (Infomedia)
5.1 PT
Balebat Dedikasi Prima (Balebat)
6.
PT Dayamitra Telekomunikasi
(Mitratel/Dayamitra)
7.
PT Graha Sarana Duta
(TelkomProperty/GSD)
8.
PT Napsindo Primatel Internasional
(Napsindo)
9.
PT Telkom Akses
Struktur
Organisasi Telkom Group :
SPESIFIKASI
BIDANG TIK
Telkom Group melayani
jutaan pelanggan di seluruh Indonesia dengan rangkaian lengkap layanan
telekomunikasi yang mencakup sambungan telepon kabel tidak bergerak dan telepon
nirkabel tidak bergerak, komunikasi seluler, layanan jaringan dan interkoneksi
serta layanan internet dan komunikasi data. Telkom Group juga menyediakan
berbagai layanan di bidang informasi, media dan edutainment, termasuk
cloud-based and server-based managed services, layanan e-Payment dan IT
enabler, e-Commerce dan layanan portal lainnya.
1. Telecommunication
Telekomunikasi merupakan bagian bisnis legacy Telkom.
Sebagai ikon bisnis perusahaan, Telkom melayani sambungan telepon kabel tidak
bergerak Plain Ordinary Telephone Service (”POTS”), telepon nirkabel tidak
bergerak, layanan komunikasi data, broadband, satelit, penyewaan jaringan dan
interkoneksi, serta telepon seluler yang dilayani oleh Anak Perusahaan
Telkomsel. Layanan telekomunikasi Telkom telah menjangkau beragam segmen pasar
mulai dari pelanggan individu sampai dengan Usaha Kecil dan Menengah (“UKM”)
serta korporasi.
2. Information
Layanan informasi merupakan model bisnis yang
dikembangkan Telkom dalam ranah New Economy Business (“NEB”). Layanan ini
memiliki karakteristik sebagai layanan terintegrasi bagi kemudahan proses kerja
dan transaksi yang mencakup Value Added Services (“VAS”) dan Managed Application/IT
Outsourcing (“ITO”), e-Payment dan IT enabler Services (“ITeS”).
3. Media
Media merupakan salah satu model bisnis Telkom yang
dikembangkan sebagai bagian dari NEB. Layanan media ini menawarkan Free To Air
(“FTA”) dan Pay TV untuk gaya hidup digital yang modern.
4. Edutainment
Edutainment menjadi salah satu layanan andalan dalam
model bisnis NEB Telkom dengan menargetkan segmen pasar anak muda. Telkom
menawarkan beragam layanan di antaranya Ring Back Tone (“RBT”), SMS Content,
portal dan lain-lain.
5. Services
Services menjadi salah satu model bisnis Telkom yang
berorientasi kepada pelanggan. Ini sejalan dengan Customer Portfolio Telkom
kepada pelanggan Personal, Consumer/Home, SME, Enterprise, Wholesale, dan
Internasional.
source :
http://www.telkom.co.id/
http://id.wikipedia.org/wiki/Telkom_Group
0 komentar:
Posting Komentar