Pages

Minggu, 16 November 2014

Perusahaan yang bergerak dalam Bisnis Informatika (Telkom)



BISNIS INFORMATIKA
Aktivitas yang dilakukan oleh seseorang atau perusahaan yang memanfaatkan teknologi informasi untuk mendapatkan keuntungan.”
Di Indonesia Bisnis Informatika terbilang berkembang pesat. Meskipun menurut EIU (Economist Intellingent Unit) mengumumkan Indonesia mengalami penurunan peringkat dalam indeks daya saing industri teknologi informasi (TI). Di tahun 2009, Indonesia memiliki peringkat ke 59 dalam rangking EIU. Era globalisasi bidang ekonomi dan meningkatnya angka fasilitas jaringan internet membuat perubahan yang radikal dan tentunya perusahaan – perusahaan yang terkait harus memiliki kemampuan adaptasi yang tinggi untuk mengambil posisi dalam persaingan nasional maupun internasional.
Pada artikel ini saya akan menganalisis sebuah perusahaan bisnis informatika, PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk atau yang biasa dikenal dengan TELKOM yang merupakan perusahaan besar yang memberikan berbagai pelayanan dalam bidang informatika.

PROFIL PERUSAHAAN
Telkom merupakan BUMN yang bergerak di bidang jasa layanan telekomunikasi dan jaringan di wilayah Indonesia dan karenanya tunduk pada hukum dan peraturan yang berlaku di Indonesia. Dengan statusnya sebagai Perusahaan milik negara yang sahamnya diperdagangkan di bursa saham, pemegang saham mayoritas Perusahaan adalah Pemerintah Republik Indonesia sedangkan sisanya dikuasai oleh publik. Saham Perusahaan diperdagangkan di BEI, NYSE, LSE dan Public Offering Without Listing (“POWL”) di Jepang. 
Berdasarkan Anggaran Dasar Perusahaan, ruang lingkup bisnis kegiatan PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk adalah menyelenggarakan jaringan dan layanan telekomunikasi, informatika serta optimalisasi sumber daya Perusahaan. Untuk mencapai tujuan tersebut di atas, Telkom menjalankan kegiatan usaha yang meliputi:
1.      Usaha Utama
a. Merencanakan, membangun, menyediakan, mengembangkan, mengoperasikan, memasarkan atau menjual/menyewakan dan memelihara jaringan telekomunikasi dan informatika dalam arti yang seluas-luasnya dengan memperhatikan ketentuan peraturan perundang-undangan.
b. Merencanakan, mengembangkan, menyediakan, memasarkan atau menjual dan meningkatkan layanan jasa telekomunikasi dan informatika dalam arti yang seluas-luasnya dengan memperhatikan ketentuan peraturan perundang-undangan.
2.      Usaha Penunjang
a.  Menyediakan layanan transaksi pembayaran dan pengiriman uang melalui jaringan telekomunikasi dan informatika.
b. Menjalankan kegiatan dan usaha lain dalam rangka optimalisasi sumber daya yang dimiliki Perusahaan, antara lain pemanfaatan aset tetap dan aset bergerak, fasilitas sistem informasi, fasilitas pendidikan dan pelatihan dan fasilitas pemeliharaan dan perbaikan.

Visi
“To become a leading Telecommunication, Information,  Media, Edutainment and Services (“TIMES”) player in the region”

Misi
·         Menyediakan layanan “more for less” TIMES.
·         Menjadi model pengelolaan korporasi terbaik di Indonesia.

Corporate Culture       :  The Telkom Way
Basic Belief                 :  Always The Best
Core Values                :  Solid, Speed, Smart
Key Behaviours          : Imagine, Focus, Action

Inisiatif Strategis
·         Pusat keunggulan.
·         Fokus pada portofolio dengan pertumbuhan atau value yang tinggi.
·         Percepatan ekspansi internasional.
·         Transformasi biaya.
·         Pengembangan IDN (id-Access, id-Ring, id-Con).
·         Indonesia Digital Solution (“IDS”) – layanan konvergen pada solusi ekosistem digital.
·         Indonesia Digital Platfrom (“IDP”) – platform enabler untuk pengembangan ekosistem.
·         Eksekusi sistem pengelolaan anak perushaan terbaik.
·         Mengelola portofolio melalui BoE dan CRO.
·         Meningkatkan sinergi di dalam Telkom Group.

Kantor Pusat   : Graha Merah Putih Telkom
                          Jl. Japati No. 1, Bandung 40133
Website           : www.telkom.co.id               
No. Telp          : (62-22) 452 7101
                          (62-22) 424 0313

CANGKUPAN WILAYAH PERUSAHAAN
            PT Telekomunikasi, Tbk memiliki banyak anak perusahaan yang tersebar di seluruh Indonesia, Asia dan Australia. Kumpulan anak perusahaan ini, disebut Telkom Group. Berikut daftar anak perusahaan yang tergabung dalam Telkom Group :
1.      PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel)
1.1  Telkomsel Finance B.V (TFBV)
1.2  Telekomunikasi Selular Finance Limited (TSFL)
2.      PT Multimedia Nusantara
2.1  Mojopia
2.2  PT Sigma Cipta Caraka (TelkomSigma)
2.3  PT Administrasi Medika (AdMedika)
2.4  PT Finnet Indonesia (Finnet)
2.5  PT Melon Indonesia (Melon)
3.      PT Telekomunikasi Indonesia International (TII/Telin)
3.1  PT Telekomunikasi Indonesia International (Hong Kong) Ltd. (Telin Hong Kong)
3.2  PT Telekomunikasi Indonesia International Pte., Ltd. (Telin Singapore)
3.3  Telekomunikasi Indonesia Internasional, S.A. (Telin Timor Leste)
3.4  Telekomunikasi Indonesia International Australia Pty., Ltd. (Telkom Australia)
3.5  Scicom (MSC) Bhd. (Scicom)
4.      PT PINS Indonesia (PINS/Pramindo)
5.      PT Infomedia Nusantara (Infomedia)
5.1  PT Balebat Dedikasi Prima (Balebat)
6.      PT Dayamitra Telekomunikasi (Mitratel/Dayamitra)
7.      PT Graha Sarana Duta (TelkomProperty/GSD)
8.      PT Napsindo Primatel Internasional (Napsindo)
9.      PT Telkom Akses

Struktur Organisasi Telkom Group :
  

SPESIFIKASI BIDANG TIK
Telkom Group melayani jutaan pelanggan di seluruh Indonesia dengan rangkaian lengkap layanan telekomunikasi yang mencakup sambungan telepon kabel tidak bergerak dan telepon nirkabel tidak bergerak, komunikasi seluler, layanan jaringan dan interkoneksi serta layanan internet dan komunikasi data. Telkom Group juga menyediakan berbagai layanan di bidang informasi, media dan edutainment, termasuk cloud-based and server-based managed services, layanan e-Payment dan IT enabler, e-Commerce dan layanan portal lainnya.
1.      Telecommunication
Telekomunikasi merupakan bagian bisnis legacy Telkom. Sebagai ikon bisnis perusahaan, Telkom melayani sambungan telepon kabel tidak bergerak Plain Ordinary Telephone Service (”POTS”), telepon nirkabel tidak bergerak, layanan komunikasi data, broadband, satelit, penyewaan jaringan dan interkoneksi, serta telepon seluler yang dilayani oleh Anak Perusahaan Telkomsel. Layanan telekomunikasi Telkom telah menjangkau beragam segmen pasar mulai dari pelanggan individu sampai dengan Usaha Kecil dan Menengah (“UKM”) serta korporasi.

2.      Information
Layanan informasi merupakan model bisnis yang dikembangkan Telkom dalam ranah New Economy Business (“NEB”). Layanan ini memiliki karakteristik sebagai layanan terintegrasi bagi kemudahan proses kerja dan transaksi yang mencakup Value Added Services (“VAS”) dan Managed Application/IT Outsourcing (“ITO”), e-Payment dan IT enabler Services (“ITeS”).

3.      Media
Media merupakan salah satu model bisnis Telkom yang dikembangkan sebagai bagian dari NEB. Layanan media ini menawarkan Free To Air (“FTA”) dan Pay TV untuk gaya hidup digital yang modern.

4.      Edutainment
Edutainment menjadi salah satu layanan andalan dalam model bisnis NEB Telkom dengan menargetkan segmen pasar anak muda. Telkom menawarkan beragam layanan di antaranya Ring Back Tone (“RBT”), SMS Content, portal dan lain-lain.

5.      Services
Services menjadi salah satu model bisnis Telkom yang berorientasi kepada pelanggan. Ini sejalan dengan Customer Portfolio Telkom kepada pelanggan Personal, Consumer/Home, SME, Enterprise, Wholesale, dan Internasional.


source :
http://www.telkom.co.id/
http://id.wikipedia.org/wiki/Telkom_Group


0 komentar:

Posting Komentar